Sekolah PAUD : Pendidikan Anak Usia Dini

Sekolah PAUD : Pendidikan Anak Usia Dini

sekolah paudTidak sedikit masyarakat khususnya para ibu yang mempertanyakan perbedaan sekolah anak berupa TK dengan Sekolah PAUD. Pada artikel ini akan dibahas mengenai sekolah PAUD yang bisa menambah informasi penting untuk Anda.

Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan layanan pendidikan baik formal, nonformal, maupun informal untuk anak usia sejak lahir hingga enam tahun. Pendidikan dini untuk anak bertujuan membantu pertumbuhan dan perkembangan baik jasmani dan rohani agar anak dapat siap melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Secara landasan dan tujuan Sekolah PAUD dan Sekolah TK tidak ada perbedaan. Sekolah TK merupakan salah satu jenjang pendidikan usia dini. Selain Sekolah TK, istilah lain dalam usia dini lainnya adalah kelompok bermain (play group), taman penitipan anak (day care) dan PAUD sejenis serupa dengan Play Group.

Fokus dan Sejarah Sekolah PAUD

Sekolah TK biasanya menerima peserta didik pada usia 4-5 tahun. Sedangkan PAUD bisa dimuali dari 0-6 tahun. Berdasarkan Permendiknas No. 58 Tahun 2009, Sekolah PAUD menitikberatkan pada pertumbuhan dan 5 perkembangan.

Kelima fokus perkembangan antara lain, moral dan agama, perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan atau kognitif (daya pikir, daya cipta), sosio emosional (sikap dan emosi) bahasa dan komunikasi.

Keberadaan PAUD di Indonesia dimulai sudah sejak masa penjajahan tahun 1908. Pemerintah Hindia Belanda membawa konsep pendidikan Frobel School yang terkenal di Jerman. Karena jenjang pendidikan dini saat itu terbatas hanya untuk anak Belanda dan Bangsawan pribumi, akhirnya munculah pergerakan pemuda Budi Utomo. Gerakan inilah yang berjuang membuat sekolah untuk semua kalangan.

Tahun 1919, pendidikan usia dini kembali muncul dengan adanya Bustanul Athfal di Yogyakarta. Kurikulumnya seputar nilai-nilai ajaran agama dan paham nasionalisme. Dan semangat tetap memperjuangkan Sekolah PAUD oleh pemerintah kian matang hingga sekarang.

Hal tersebut terbukti dengan adanya Gerakan Masyarakat Secara Nasional (National Public Movement) yang mendorong masyarakat untuk peduli dan memasukan anak-anak mereka ke jenjang pendidikan usia dini.

Bagi orang tua yang bekerja, pendidikan ini sangat berguna. Tidak hanya mengasah kecerdasan anak, sekolah PAUD juga menstimulasi anak sesuai pengasuhan yang tepat baik intelektual, emosional, estetika, dan sosial pengasuhan. Di sekolah anak tersebut, akan diterapkan pendekatan olah pikir, rasa, dan olahraga.

Demikian penjelasan Sekolah PAUD yang bisa menambah referensi sekolah anak Anda. Terkait pemilihan sekolah ini, silahkan baca juga tulisan kami sebelumnya yang berjudul: Tips Memilih Sekolah Anak Anak : PAUD, TK, SD

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar